Cara Mudah Melakukan Backup Full cPanel

Tingkat keamanan situs anda sudah ditentukan dan di cover oleh provider hosting anda sendiri, nusantarahost sudah menerapkan standar security hostinger. Anda pun tidak perlu khawatir jika ada kerusakan atau kehilangan data karena nusantarahost memiliki server backup yang siap membackup hosting anda secara daily, weekly, dan monthly. Sehingga tidak perlu khawatir, namun akan lebih baiknya anda juga memiliki backup sendiri untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan. Karena nusantarahost hanya akan memberikan data backup hosting anda ketika statusnya aktif, tidak berlaku ketika status hosting anda Terminated/Suspended karena Over due on payment/masalah administrasi. Nusantarahost akan tetap menolak permintaan data backup jika status hosting anda Terminated/Suspended (Over due on payment) dan akan memberikan data backupnya apabila ingin perpanjang/aktifkan kembali hosting yang sudah terminated.

Maka dari itu, setidaknya anda memiliki data backup sendiri sebelum masa aktif hosting anda selesai dan tidak ingin memperpanjang service hosting. Namun kami berharap pelanggan nusantarahost puas dengan layanan kami dan tidak memiliki pilihan lain untuk pindah ke provider lain. Yap, sekarang saatnya untuk memulai tutorial cara backup full cPanel.

1 Masuk ke cPanel

2. Cari menu Backup

3. Jika sudah masuk ke halaman backup, selanjutnya pilih directory dan email pemberitahuan

  • Backup Destination : Penempatan data hasil backup yang diinginkan, jika Home Directory berarti data backup bisa anda lihat pada directory Home filemanager
  • Email Address : masukan email address yang bertujuan untuk memberitahukan apabila proses backup sudah selesai, jika hal ini tidak perlu dilakukan silahkan klik “Do not send email notification of backup compretion
  • Generate Backup : Silahkan klik untuk memulai proses backup

4. Jika proses backup sudah berjalan, kemudian klik Go Back

5. Seperti berikut apabila backup sudah selesai

Silahkan bisa langsung anda download dengan cara klik pada list backup available for download

6. Selain di halaman backup, anda juga bisa melihat data backup yang sudah selesai diproses pada filemanager.

Untuk mendownloadnya, silahkan klik kanan – download

 

Kesimpulan

Kita sudah berhasil melakukan backup full cPanel, kami sarankan juga untuk download file backupnya agar memiliki backup offline di komputer yang bisa digunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Sehingga kita bisa upload ulang ke hosting.

Sekian dan terima kasih, silahkan like dan share semoga bermanfaat 🙂

 

#yyn