Beberapa Hal Mengenai Google AdSense yang Perlu Diketahui

Perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat sebenarnya memiliki dampak positif yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi masyarakat dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri bahkan untuk orang lain. Salah satu cara memanfaatkan teknologi khususnya peluang di bidang teknologi informasi adalah Google Adsense. Namun sayangnya belum banyak orang yang paham dengan Google Adsense. Kali ini Nusablog akan membahas beberapa hal tentang Google Adsense.

Pengertian

Google Adsense adalah program kerja dibidang periklanan yang dikelola langsung oleh Google. Para blogger atau pemilik website yang bertujuan untuk membagikan informasi kepada banyak orang di seluruh dunia dapat menggunakan program ini. Pemilik blog hanya perlu mendaftarkan blognya untuk mengikuti program ini. Saat pendaftaran telah disetujui oleh google, maka dalam blog nantinya akan ada iklan yang ditampilkan tentunya dengan pengaturan yang tidak begitu sulit.

Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense bisa menyerupai video, text, gambar, atau text beserta gambar. Iklan – iklan tersebut di atur oleh Google dan bisa menghasilkan uang. Google akan membayar setiap ada yang mengklik iklan di website yang telah terdaftar sebelumnya. Metode dalam menghasilkan uang dari adsense akan di hitung dengan model per klik iklan atau per seribu impresi.

 Istilah Pada Adsense

Berikut ini adalah beberapa istilah dalam Adsense yang akan sangat membantu bila diketahui

1. Publisher

Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut publisher google adsense.

Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dahulu ke Google Adsense dan baru bisa menayangkan iklan google di situs web mereka setelah aplikasi disetujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.

2. Ad Units

Ad Units adalah iklan Adsense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

3. Links Units

Pada dasarnya Link Units sama seperti Ad Units. Yang membedakan dari keduanya adalah, jika Link Units di kliik maka akan darahkanpada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

4. Adsense For Content

Adsense For Content adalah iklan Adsense yang dipasang pada sebuah halaman. Iklan yang ditampilkan adalah iklan yang berhubungan dengan isi dari halaman tersebut.

5. Alternate Ads

Alternate Ads adalah iklan alternatif yang dapat dipasang jika Ads Units tidak dapat ditamkpilkan. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

6. Channels

Channels adalah label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, Adsense For Share, dan Referrals. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs.

7. Page Impression

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

8. Clicks

Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik Publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

9. CTR(Clickthrough Rate)

CTR adalah jumlah perbandingan dalam satuan persen antara jumlah klik sebuah Ad Units dengan berapa banyak tampilan Ad Units.

10. Cost Per Click

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher.

Kebijakan Adsense

Adsense memang dapat mendatangkan keuntungan dengan jumlah banyak. Namun Google membuat aturan yang sangat ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat.  Berikut ini adalah beberapa larangan yang dibuat oleh Google:

  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat hyperlink langsung menuju halaman hasil pencarian Adsense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan Adsense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode Adsense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftar Adsense

Google adsense memiliki kebijakan yang harus dipatuhi dan dipenuhi baik bagi calon mitra (publisher) maupun bagi yang sudah menjadi mitra atau penayang iklan/publisher iklan oleh google adsense. Tak sedikit pemblogger mengalami kegagalan dalam pengajuan akun google adsense karena pihak google melihat blog yang direview tidak memenuhi kriteria dan kebijakan google adsense. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin menambah peluang pendaftaran diterima oleh google, diantarnya:

  • Faktor Konten/Artikel Dalam Blog

Konten merupakan faktor utama dalam pengajuan program Google Adsense.  Konten dalam blog haruslah memadai. Artinya jumlah konten yang ada dalam haruslah sudah banyak(Puluhan).

Konten yang diterima dalam program Google Adsense adalah konten yang berkualitas dan Original. Artinya google hanya menerima konten yang asli buatan atau karangan Publisher(Bukan hasil CoPast). Sebelum menjadi Publisher Usahakan isi konten terdiri minimal seribu suku kata. Setelah menjadi Publisher Syarat seribu suku kata sudah tidak terlalu penting lagi.

  • Usia Atau Umur Blog 

Usia blog sangatlah berpengaruh pada kebijakan pendaftaran program Google Adsense. Umur blog yang dapat didaftarkan dalam program Google Adsense adalah 6 bulan, dan sudah menampun konten minimal 60 artikel.

  • Batasi  Jumlah  Gambar Dalam Postingan Atau Gambar Flas/Gif

Penyisipan konten gambar pada artikel harus diperhatikan. Usahakan blog tidak menggunakan konten gambar dengan format gif/flas. Hal ini karena, google akan menolak mentah-mentah pendaftaran program Adsense dari blog yang menggunakan konten tersebut.

Selain itu jumlah konten berbentuk gambar juga harus diperhatikan. Penyisipan gambar boleh melebihi dari satu apabila artikelnya memang panjang, Artikel yang hanya 2 sampai 5 paragraf tidak boleh menyisipkan gambar lebih dari satu, jangan sampai gambar lebih banyak dari konten.

  • Website telah didaftarkan ke Google Webmaster

Blog yang tidak memiliki akun webmaster tool tidak mudah untuk diterima oleh google adsense. Google Webmaster Tools adalah seperangkat alat digital yang disediakan gratis oleh Google untuk membantu memahami apa sebenarnya yang terjadi pada website.

  • Faktor Pengunjung(Visitor)

Mungkin selama ini banyak sekali rumor yang mengatakan bahwa jumlah visitor per hari harus mencapai angka ribuan agar dapat di terima pada Adsense. Hal itu sebenarnya tidak benar sama sekali. Belum ada aturan baku dari google batasan minimal visitor blog perhari. Tapi bukan berarti menyepelekan visitor cuma saja belum ada aturan dan kebijakan terkait batasan minimal visitor blog dari google.

Keunggulan

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimilikli oleh Google Adsense

  • Pendaftaran Mudah

Mungkin banyhak orang berpendapat bahwa pendataran Google Adsense sangatlah rumit dan sulit. Namun sebenarnya semua hal tersebut tidak benar. Hanya saja, kebanyakan blogger tidak benar-benar mempelajari, memahami kebijakan dan ketentuan Adsense, sehingga akhirnya ditolak.

  • Gratis

Menjadi seorang Publisher tidak dipungut biaya sama sekali. Hal seperti ini yang membuat banyak orang berminat.

  • Dapat Disandingkan Dengan Program Affiliasi atau Sejenisnya

Adsense dapat disandingkan dengan Program Affiliasi atau sejenisnya. Namun akan lebih baik jika mempelajari ketentuan yang ditetapkan oleh pihak Google .

  • Tidak Perlu Mendaftarkan Setiap Memiliki Blog Baru

Tidak perlu mendaftar lagi jika memiliki situs / blog lebih dari satu. Sekali diterima sebagai publisher kita dapat menerapkannya di situs / blog manapun yang kita miliki dengan syarat situs tersebut sesuai juga dengan kebijakan Adsense. Cukup satu akun Adsense untuk banyak blog.

Demikianlah beberapa hal mengenai Google Adsense. Semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan