Beberapa Hal Tentang Website Yang Menarik Untuk Anda Ketahui

Saat ini website sudah menjadi hal yang tak asing lagi didengar. Website sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Sekarang kebanyakan orang mengandalkan website untuk sarana memberikan informasi hingga bermanfaat bagi orang lain untuk mencari tutorial cara memasak makanan, cara membuat website dengan mudah atau sekedar mencari hiburan semata seperti membaca sebuah blog cerita.

Website telah banyak digunakan oleh semua orang, namun tidak sedikit pula yang masih belum tahu apa sebenarnya website itu. Kali ini Nusablog akan membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan website.

Pengertian

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web  (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi akar( root ), yang disebut homepag (beranda), URL ini mengatur web page untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Sejarah

Pencipta situs web untuk pertama kali adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee,sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Tujuan pertama kali diciptakannya situs web adalah sebagai sarana memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Sebuah situs web bisa berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu.

Fungsi Website

Website mempunyai beberapa fungsi diantaranya mencakup lima pokok penting pada penggunaan website. kelima pokok tersebut adalah

1. Media Komunikasi

Komunikasi yang dimaksud disini tidak harus komunikasi secara langsung antara pengelola website dengan para pembaca melalui media seperti chatting, forum diskusi, dll. Walaupun hal tersebut juga sebenarnya juga dapat dilakukan. Selakin itu, dalam website juga dapat terjadi komunikasi secara tidak langsung. Hal ini dapat terjadi saat pembaca membaca informasi yang diberikan pada website, hal ini dapat disebut komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung.

Ada beberapa bentuk komunikasi yang dapat terjadi dalam website. Diantaranya adalah

  1. Forum: biasanya untuk berinteraksi mengenai topik tertentu, dan topik tersebut tidak jauh dari topik website
  2. Live chat: biasanya live chat ini hanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu seperti domain name + web hosting untuk melayani calon konsumennya secara tanggap
  3. Komentar: di dalam sebuah postingan, pemilik website pasti 90% akan mengijinkan kolom komentar yang memang digunakan untuk berinteraksi, bertukar pendapat dengan komentator lain maupun dengan pemilik website
  4. Formulir online: biasanya disediakan seperti untuk formulir saran website atau formulir-formulir penting lainnya di dalam website yang sifatnya opsional

2. Media Informasi

Menjadi media informasi dapat dikatakan merupakan fungsi utama darisebuah website. Hal ini dikarenakan disaat seseorang memutuskan untuk membuat(Membangun) sebuah website, maka harus mengisi konten pada website tersebut. konten pada website ini akan menjadi sebuah informasi bagi para pembaca dari website tersebut.

3. Media Pendidikan.

Fungsi website sebagai media informasi sebenarnya sangat sejalan dengan pendidikan. Dimana dalam menjalankan sebuah pendidikan seseorang akan sangat membutuhkan informasi. Informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh dari mana saja. Tak harus dari membaca buku, sekarang ini seseorang akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari website.

4. Media Pemasaran

Website itu sendiri juga sebenarnya bisa digunakan sebagai salah satu media pemasaran. Media pemasaran di sini berarti yaitu memasarkan secara online, beda dengan memasarkan di dalam dunia nyata, begitu sangat-sangat beda. Menggunakan website sevbagai media pemasaran mempunyai beberapa keunggulan, salah satunya adalah produk yang dipasarkan akan dapat dilihat dimanapun di seluruh dunia.

5. Media Promosi

Media promosi melalui website bisa dibilang sangat-sangat efektif karena jika kita tampilkan 1 buah promosi, maka promosi kita itu bisa dilihat orang-orang di seluruh penjuru dunia. Daripada kita mempromosikannya secara susah-payah dan manual di dunia nyata. Lelah dapat, konsumen belum tentu dapat.

Jenis-jenis Website

Berdasarkan Bentuknya

Dilihat berdasarkan bentuknya website bisa digolongkan menjadi tiga bagian yaitu adalah sbb:

1. Website Dynamis

Website Dynamis adalah sebuah website yang didesain agar semua isi dalam website dapat diperbaharui secara berkala dengan mudah. Isi yang terdapat pada website ini akan berubah setelah melewati satu priode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

situs web dinamis halaman web umumnya baru akan dibuat saat ada pengguna yang mengaksesnya, berbeda dengan situs web statis yang umumnya telah membentuk sejumlah halaman web saat diunggah di server web sehingga saat pengguna mengaksesnya server web hanya tinggal memberikan halaman tersebut tanpa perlu membuatnya terlebih dulu.

berkas-berkas pada situs web dinamis umumnya merupakan sekumpulan berkas yang membentuk perangkat lunak aplikasi web yang akan dijalankan oleh mesin penerjemah server web, berfungsi memanajemen pembuatan halaman web saat halaman tersebut diminta oleh pengguna.

2. Website Statis

Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual. Ada tiga jenis perangkat utilitas yang biasa digunakan dalam pengaturan situs web statis:

  • Penyunting teks: merupakan perangkat utilitas yang digunakan untuk menyunting berkas halaman web, misalnya: Notepad atau TextEdit.
  • Penyunting WYSIWYG: merupakan perangkat lunak utilitas penyunting halaman web yang dilengkapi dengan antar muka grafis dalam perancangan serta pendisainannya, berkas halaman web umumnya tidak disunting secara lengsung oleh pengguna melainkan utilitas ini akan membuatnya secara otomatis berbasis dari laman kerja yang dibuat oleh pengguna. perangkat lunak ini misalnya: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver.
  • Penyunting berbasis template: merupakan beberapa utilitas tertentu seperti Rapidweaver dan iWeb, pengguna dapat dengan mudah membuat sebuah situs web tanpa harus mengetahui bahasa HTML, melainkan menyunting halaman web seperti halnya halaman biasa, pengguna dapat memilih templat yang akan digunakan oleh utilitas ini untuk menyunting berkas yang dibuat pengguna dan menjadikannya halam web secara otomatis.

3. Website Interaktif

Website interaktif yaitu situs yang menggunakan komunikasi dua arah. Dua arah antara si pemilik web dengan pengunjung web itu sendiri. Jadi dalam website ini memungkinkan para pembaca untuk berinteraksi dengan penulis atau dengan pembaca lain. Misalnya bertanya atau berkomentar atau mungkin juga saling menambah informasi dari apa yang mereka baca.

Berdasarkan Penggunaannya

Berdasarkan penggunaannya jenis website dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah sbb:

Website Pribadi

Jenis website ini digunakan untuk memuat semua informasi tentang seorang tokoh, public figure ataupun orang biasa. Tujuan dari website pribadi adalah membagikan informasi tentang si tokoh ini entah itu biografi, cerita, pengalaman dan hal menarik lainnya. Sebuah website pribadi biasanya digunakan oleh seorang public figure/artis untuk berbagi kegiatan dan pengalamannya kepada para fans. Contoh untuk website pribadi adalah seperti milik Raditya Dika, sebelum menjadi seorang komika dan pemain film dulunya ia adalah seorang blogger.

Website Online Shop

Website jenis ini digunakan untuk memasarkan produk. Website jenis ini merupakan representasi dari cara penjualan secara riil dan dituangkan dalam bentuk online. Kelebihan dari website jenis ini yaitu pemilik website mempunyai cakupan pasar yang luas, bahkan global.

Website Blog

Website jenis blog digunakan untuk berbagi informasi dan pengalaman penulis kepada semua pembaca. Biasanya setiap blog akan mempunyai topik khusus yang dibahas pada blog tersebut. Seperti blog Nusantarahost ini yang terfokus pada topik web hosting, maka blog ini membahas semua hal yang berkaitan dengan dunia web hosting.

Manfaat Website

1. Murah

Memasang iklan pada sebuah media akan sangat memakan biaya yang tidak sedikit. Dengan menggunakan website sebagai media periklanan hal ini akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan, selain itu juga dapat langsung dibuat sebagai website pemasaran.

2. Media Iklan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Website adalah sebuah media iklan yanga sangat baik. hal ini karena website dapat dilihat dengan jangkauan tak terdapat(seperti sifat internet yang tak terbatas).

3. Kepuasan Pelanggan

Sebelum membeli sebuah produk, biasanya calon pembeli akan mencari informasi tentang produk tersebut. Jika sebuah website telah memberikan informasi produk secara lengkap, hal ini pasti akan sangat membantu calon pembeli dan bisa saja menadi langganan pembeli.

Demikianlah beberapa hal mengenai website semoga bermanfaat.

#RAS

One comment

Leave a Reply