Cara Mengatasi 500 Internal Server Error WordPress

Sebagai pemilik website, terjadinya masalah pada website saat di akses akan sangat menjadi masalah. Apalagi jika situs tersebut adalah online shop, maka akan dapat menyebabkan hilangnya penghasilan dari pemilik website. Kali ini nusablog akan membahas salah satu error yang yang sering menimpa website wordpress, Yaitu “500 Internal Server Error”.

Pengertian

500 Internal Server Error akan muncul ketika terjadi permasalahan pada server atau file utama website WordPress. Beberapa hal yang menyebabkannya meliputi file .htaccess yang corrupted, website melebihi memory limit PHP, permasalahan pada file permissions, hingga website melebihi resource paket hosting yang digunakan.

Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

1. Cek File .htaccess

Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mengecek file .htaccess yang berada di direktori utama file instalasi wordpress. Namai ulang File .httaccess, misalnya seperti .httsccess.txt. Untuk mengakses file .htaccess, silakan gunakan File Manager atau FTP Client seperti FileZilla.

setelah menamai ulang file .httaccess, akses kembali website. Jika telah dapat di akses, login ke dashboard wordpress. pilih menu  Settings, lalu pilih menu Permalinks, setelahnya, klik tombol Save Changes.

2. Nonaktifkan semua plugin

Jika cara di atas tetap tidak bisa dan tetap tidak bisa login ke dashboard wordpress, maka hal yang harus dilakukan adalah nonaktifkan semua plugin terlebih dahulu. Kemudian aktifkan lagi satu persatu. Cara ini digunakan untuk menemukan secara pasti penyebab dari error, terutama dari segi plugin yang digunakan.

3. Unggah Ulang File Inti WordPress

Jika error masih terjadi maka cara lainnya yang bisa dilakukan adalah merubah wp-admin dan wp-includes website dari instalasi WordPress baru. Berikut ini carnya

  • Pertama download file wp-admin dan wp-includes. Dapat adi download di wordpress.org
  • unggah file ke dalam folder dimana wp-admin dan wp-includes berada. File ini biasanya terletak dalam direktori public_html.
  • Unggah kembali melalui file manager dengan cara.
  • login ke dashboard cpanel, klik menu File Manager

  • Pilih file Public_html lalu klik pilihan Upload

  • Pilih file wordpress yang telah di download sebelumnya.
  • Setelah proses upload selesai, Extrak file wordpress dengan cara klik kanan lalu  klik Extract.

  • Hapus folder wp-admin dan wp-includes website
  • Ubah wp-admin dan wp-includes yang berada di dalam folder hasil extract yaitu folder wordpress.

  •  Buka folder wordpress, kemudian pilih dua folder wp-admin dan wp-includes dengan menekan tombol ctrl, kemudian klik Copy.

  • Pastikan tujuan salinan file berada di direktori utama instalasi WordPress. Dalam contoh tujuan tersebut berada di public_html.
  • Klik tombol Copy File.

Jika telah selesai silahkan cek kembali website.

4. Hubungi Layanan Penyedia Hosting Yang Digunakan

Jika semua cara di atas telah di lakukan namun masih belum berhasil. Maka cara terakhir yang bisa kami sarankan adalah silahkan hubungi Layanan Penyedia Hosting yang di gunakan untuk menyelesaikan masalah ini.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi 500 Internal Server Error. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#RAS

Leave a Reply