Definisi Dedicated IP pada Hosting

Nusantarahost memiliki beberapa fitur yang akan sangat menunjang performa Hosting. Namun dari semua fitur yang di tawarkan, ada juga fitur yang membuat galau para pelanggan. Fitur yang dimaksud adalah Dedicated IP. Kebanyakan para pelanggan akan sangat bingung saat akan menentukan paket jika sudah berhubungan dengan Dedicated IP. Yang sering di pusingkan adalah perlu kah Dedicated IP?, Apa Fungsinya?. Oleh karena itu, kali ini Nusablog akan membahasnya.

Pengertian

Dedicated IP adalah IP yang di khususkan untuk 1 akun hosting. Biasanya beberapa akun hosting padasebuah server yang sama akan menggunakan IP yang sama juga, atau biasa di sebut Share Hosting. Dedicated IP bisa menjadi pilihan untuk menjadikan identitas website lebih privat, penggunaan dedicated IP juga memaksimalkan search engine result page.

Selain itu konsep Share IP memiliki kelemahan, yaitu saat salah satu akun mengalami masalah, maka masih ada kemungkinan akun atau user dengan IP yang sama akan terkena dampaknya juga.

Fungsi Dedicated IP

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Dedicated IP

  • Menguragi Resiko Downtime:  Biasanya alamat IP akan mendatapat Downtime dari server. Walaupun dengan jangka waktu yang pendek, namun hak ini akan sangat menggangu kinerja website nantinya.
  • Sebagai Sarana Menggunakan SSL: SSL Sertivicate akan sangat berguna untuk keamanan website. Untuk menggunakan SSL Sertivicate pengguna harus menggunakan Dedicated IP.
  • Delegasi Nama Domain: Saat menggunakan Dedicated IP, maka nama domain akan secara otomatis di delegasikan kesatu IP. Sehingga website akan tetap bisa di buka menggunakan alamat IP.

Kesimpulan

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, tentunya Dedicated IP ini akan sangat menunjang kualitas hosting penggunanya. Nusantarahost sendiri mempunyai beberapa pilihan paket yang telah Free Dedicateed IP.

Demikianlah beberapa hal mengenai Dedicated IP. Semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan