Kemudahan Control Management VPS Server NusantaraHost

Nusantarahost memiliki layanan SSD VPS server terbaik di kelasnya, sebagai paket lanjutan dari Shared Hosting maka VPS adalah paket berikutnya yang sangat di rekomendasikan untuk upgrade dan menunjang aplikasi pelanggan berjalan lebih powerfull. Selain menggunakan enterprice hardware, keunggulan lain ialah control management untuk mengelola VPS yang akan nusablog bahas pada artikel ini.

Ada 2 control management yang disediakan, diantaranya kontrol melalui Member Area atau melalui VPS control panel. Berikut langkah dan penjelasan control management lebih lengkap.

Control Management VPS melalui Member area

Dengan lebih mudah, pelanggan dapat melakukan aktifitas management Servernya melalui Member Area tanpa melakukan login server hingga download tools pendukung. Control Management VPS ini dapat di temukan ketika login member area, berikut langkahnya

1. Login Member Area

member area
Halaman login pada https://portal.nusantarahost.com/clientarea.php

2. Pilih Service untuk melihat semua layanan yang kita miliki

Halaman utama member area

3. Lalu pilih layanan VPS yang ingin kita manage

Halaman list My Products & Service

4. Halaman Kontrol Managemen VPS pada Member Area

5. Halaman Informasi Server VPS yang sedang berjalan

6. Melakukan Reboot VPS melalui Member Area

Pada sebelah kiri sidebar Action telah dilakukan eksekusi Reboot, apabila halaman menampilkan message dialog “Action complate successfully” maka artinya system sudah melakukan reboot yang ditandai dengan downtime pada penampakan cmd/command prompt (jendela hitam, bagian kanan)

* untuk mengetahui VPS sudah Up kembali atau masih downtime, paling mudah lakukan ping domain atau IP VPS menggunakan cmd/command prompt. Uptime akan ditandai setelah Request time out kemudian Replay kembali dari IP/domain yang sedang kita ping.

* Selain menggunakan cmd, anda juga bisa memantau proses booting vps menggunakan VNC yang bisa anda download pada halaman berikut , data login vnc bisa anda cek pada detile email installasi vps.  Untuk login ke VNC silahkan isikan “Remote host dan port” (ex:12.34.56.78:1234) kemudian klik “connect” silahkan lihat gambar dibawah

Setelah klik “Connect” maka akan muncul popup untuk memasukan password, kemudian silahkan input password sesuai yang tertera pada email. Jika sudah login maka anda akan melihat layar booting pada sotfware VNC anda.

7. Melakukan Shutdown VPS melalui Member Area

Pada sebelah kiri sidebar Action telah dilakukan eksekusi Shutdown, apabila halaman menampilkan message dialog “Action complate successfully” maka artinya system sudah melakukan shutdown yang ditandai dengan downtime pada penampakan cmd/command prompt (jendela hitam, bagian kanan)

8. Status offline bahwa VPS dalam kondisi off/shutdown

9. Reinstall OS (Operating System)

Selain itu member juga dapat melakukan reinstall operating system pada vps server melalui vps panel. Untuk akses login ke vps panel bisa menggunakan link berikut . Username dan password bisa cek pada email installasi VPS.

Setelah login maka nanti akan muncul detile seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik menu “General > Reinstall” untuk melakukan reinstall.

Pada halaman reinstall maka nanti akan tampil list operating system yang dapat dipilih, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan anda kemudian klik “Reinstall” nanti akan muncul popup konfirmasi silahkan pilih “Yes” maka proses install ulang OS akan berjalan dan nanti akan diberikan password baru untuk digunakan login ke server anda. 

Proses booting saat proses installasi dapat dipantau melalui VNC (lihat langkah no.6), jika sudah selesai maka tampilannya akan seperti berikut .

Jika pada layar VNC anda sudah tampil seperti diatas maka installasi sudah selesai dan server sudah bisa digunakan kembali. Silahkan bisa akses VPS menggunakan putty/terminal dengan password baru yang diinformasikan.

Note:

  • Sebelum melakukan installasi OS silahkan matikan dahulu mesin vps anda hingga status berubah menjadi offline.
  • Installasi OS akan mengakibatkan data pada server hilang/kosong, harap dipertimbangkan dahulu sebelum melakukan reinstall OS. Kami sarankan untuk melakukan backup data untuk keperluan recovery anda setelahnya.
  • Installasi OS tidak disarankan untuk user/pelanggan yang menggunakan cPanel.
  • Tidak diperkenankan untuk melakukan perubahan pada menu “Setting” untuk menghindari terjadinya downtime pada vps server anda.

Demikian artikel mengenai “Kemudahan Kontrol Management VPS Server NusantaraHost”, sudah kah anda mencoba? apabila belum, cobain sekarang atau order dulu :p

#yyn

Leave a Reply