Mengenal Beberapa Hal Mengenai CMS Drupal

Kali ini Nusablog akan membahas berbagai hal mengenai salah satu CMS populer yang digunakan untuk membangun website. CMS tersebut adalah Drupal.

Pengertian

Drupal adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang didistribusikan dibawah lisensi GPL, Pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakansecara bebas juga, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website.

Penggunaan Drupal

Drupal merupakan CMS yang sangat multifungsi. Jadi CMS ini dapat digunakan untuk membangun banyak jenis website. Diantaranya adalah

Portal Web Komunitas

Portal Web Komunitas adalah website yang di desain dan di sesuaikan dengan keinginan dari komunitas tersebut. Oleh karenanya fasilitas dalam website cenderung untuk memenuhi kebutughan komunitas tersebut.

Situs Diskusi

Seperti namanya, situs diskusi8 adalah situs yang dibuat Untuk berdiskusi memcahkan sebuah masalah. Biasanya situs diskusi hanya akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan sebuah tema pokok.

Website Perusahaan

Website perusahaan adalah website yang digunakan untuk perusahaan. biasanya website perusahaan berisi hal-hal yang bwerhubungan dengan perusahaan, seperti profil perusahaan, layanan yang diberikan perusahaan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan berhubungan dengan perusahaan.

Blog

Blog adalah website yang digunakan untuk berbagi pengalaman dari pemilikn blog dalam bentuk artikel.

Keunggulan

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan yangdi miliki CMS Drupal

  • Bersifat open source yang bisa digunakan secara personal maupun group untuk mengatur  berbagai jenis content.
  • Didesain sebagai sebuah publishing system cms. 
  • Memiliki dua konsep perkembangan yaitu Modular dan Extensible.
  • Menggunakan System lock atau Module yang dapat menambah fitur dari sebuah website.
  • Dukungan Database: Drupal meminimalisasikan uery database dan penggunaan resource, jugamemperluas persyaratan server sehingga mempermudah penginstallan.

Kekurangan

  • Pengguna CMS ini belum sebanyak CMS lain seperti WordPress, terutama di Indonesia. Hal ini akan sangat berpengaruh pada cara mempelajari CMS ini. Dengan pengguna yang tidak banyak, maka testimonial tentang CMS ini sangatlah sulit dijumpai.
  • Plugin yang terdapat pada CMS ini tidak sebanyak CMS seperti Wordperess dan Joomla. Hal ini akan sangat berpengaruh dikarenakan plugin digunakan untuk membantu dalam pengoperasian CMS dan juga Website.

Demikianlah beberapa hal mengenai CMS Drupal. Semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan