Mengenal CDN Cloudflare

Kali ini Nusablog akan membahas tentang sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. CDN tersebut adalah Cloudflare. Lantas, apa sebenarnya Cloudflare itu?

Pengertian

Cloudflare adalah layanan yang menggunakan teknologi CDN (Content Delivery Network) untuk memfilter trafik dan mempercepat akses website anda. CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CDN ini mempercepat dan melindungi jutaan situs web, API, layanan SaaS, dan properti lainnya yang terhubung ke Internet.

Sebuah website yang menggunakan cloudflare, memiliki kecepatan loading yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan CDN ini memiliki cache yang berfungsi sebagai sumber statis. Cloudflare biasanya diletakan di tengah-tengah antara web hosting dan nama domain.

Cara Kerja

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ada perbedaan antara menggunakan Cloudflare dengan tidak menggunakannya. Dengan menggunakan CDN ini maka server akan lebih aman dari attacker dan juga hacker. Hal ini karena ia akan memfilter atacker dan hacker dengan firewall Cloudflare.

Dari gambar di atas dapat di ketahui bahwa cloudflare menyediakan keamanan tambahan untuk berbagai serangan, sperti yang kita tahui serangan umum pada website adalah DDoS (Distributed-Denial-of-Service attack), jika server terkena serangan DDoS biasanya system server tujuan akan down, karena dipenuhi oleh paket-paket besar secara bersamaan.

Manfaat

Ada banyak sekali manfaat dari CDN ini. Berikut ini diantaranya.

  • Keamanan : Setiap serangan yang menuju website anda harus melalui cloudflare terlebih dahulu.
  • Kecepatan : Data center cloudflare yang tersebar di berbagai negara, mempercepat pengambilan data bagi visitor yang berlokasi jauh dari server website, tapi dekat dengan data center.
  • Server tidak mudah tumbang : Server website anda menjadi lebih tangguh. Hal ini disebabkan pembagian beban server.
  • Gratis : Fitur layanan gratis sudah cukup layak untuk melindungi dan mempercepat website anda.

Keunggulan

Memperbaiki Website yang Terkena Hack

Salah satu keunggulan dari CDN ini yang sangat menarik dan berguna adalah kemampuannya dalammemfilter traffict website yang membuat traffict malware dan virus akan otomatis berhenti.

Menyembunyikan IP Website atau Hosting

Cloudflare akan bertindak sebagai penghubung antara pengunjung website dengan server dimana website tersebut berada. Hal ini memberikan keuntungan karena hacker atau pengunjung tidak akan mengetahui dimana website Anda berada atau di hostingkan.

Website Chache

Cloudflare akan melakukan caching pada website secara sebagian atau keseluruhan. Hal ini akan mengurangi resource hosting atau server khususnya penggunaan bandwith. Selain itu, dengan caching ini, juga akan tetap menampilkan halaman website  meski server atau hosting Anda sedang down dengan menampilkan cache yang telah dibuat pada website.

Perlindungan Dari DDOS & DOS

DDOS adalah serangan dengan mengirimkan permintaan paket dalam jumlah yang sangat besar agar hosting atau website tersebut down. Jika hal tersebut terjadi, maka pengguna dapat memproteksinya dengan mengaktifkan fitur ini maka akan melindungi website Anda dari DDOS.

SSL Gratis

SSL saat ini telah menjadi bagian terpenting dalam SEO dan hampir semua layanan hosting telah memberikannya secara gratis.

Kekurangan

Website Down Saat Hosting Up

Hal ini akan terjadi saat Cloudflare dalam keadaan Down. Hal ini juga akan berlaku ketika hosting atau server dengan tidak sengaja atau dengan alasan lainnya memblokir ip CDN ini yang secara otomatis tidak dapat mengakses website Anda sehingga akan dianggap down dan menampilkan cache (jika ada).

Demikian ini adalah pembahasan tentang CDN Cloudflare.

#RAS

Tinggalkan Balasan