Mengenal Ekstensi pada Joomla

Jika pada WordPress terdapat banyak plugin yang bisa membantu penggunanya untuk meningkatkan kinerja wordpress. Maka pada Joomla, sebagai CMS yang juga sangat terkenal juga terdapat Ekstensi yang akan membantu meningkatkan kinerja CMS ini. Kali ini Nusablog akan membahas tentang ekstensi pada Joomla.

Jenis-jenis Ekstensi

Pada Joomla, terdapat 5 jenis ekstensi yang bisa di gunakan. Saat menginstall ekstensi pada joomla, sejumlah paket ekstensi dari berbagai tipe juga telah disertakan. Paket ekstensi tersebut adalah ekstensi dasar yang diperlukan untuk membuat website Joomla. Berikut ini adalah jenis-jenis ekstensi pada Joomla.

Component

Component adalah tipe ekstensi Joomla yang paling kompleks dan paling besar dalam hal ukuran file. Component umumnya memiliki antarmuka sisi frontend untuk user dan backend untuk administrator.

Module

Modul adalah ekstensi yang ringan dan fleksibel yang dipakai guna pembuatan halaman. Modul-modul ini biasa dikenal sebagai “kotak-kotak” yang tersusun disekitar komponen. Modul ditetapkan per butir menu. Jadi, penggunanya dapat putuskan mau menampilkan atau menyembunyikan modul masuk itu tergantung dari butir menu mana yang sedang dilihat pengguna.

Plugin

Di awal versi Joomla lebih dikenal dengan Mambots yaitu ekstensi yang memberikan fungsionalitas tambahan pada website Joomla. Umumnya, plugin berfungsi untuk menangani tugas-tugas kecil namun penting dan memiliki keterkaitan dengan ekstensi Joomla lainnya. 

Template

Template pada dasarnya adalah desain situs web Joomla. Dengan sebuah templat pengguna Joomla dapat mengganti bentuk dan nuansa situs webnya. Template memiliki kolom-kolom tertentu dimana komponen dan modul akan ditampilkan. Template mudah dibuat maupun dikustom dan mereka memberikan fleksibilitas maksimal dalam hal bagaimana mempercantik situs website.

Language

Language adalah ekstensi inti untuk menterjemahkan keseluruhan area administrasi atau tampilan depan website Joomla. Pengguna dapat menemukan dan mengelola language (bahasa) yang telah terpasang melalui menu Extensions, lalu ke Language(s) di area administratsi Joomla. Joomla mendukung banyak bahasa. Pengguna dapat mengunduh language pack berbeda dan dapat merubah language (bahasa) standar yang digunakan.

Rekomendasi Ekstensi Joomla Yang Harus Di Miliki

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi ekstensi yang sebaiknya dimiliki oleh website berbasis joomla.

Akeeba Backup

Dapat di lihat namanya Akeba Backup adalah ekstensi yang di gunakan untuk melakukan backup pada website. Dengan semakin banyak dan berkembangnya teknologi resiko pun menjadi lebih tinggi pula. Akeba akan membantu pengguna website joomla agar dapat melakukan backup . Ekstension ini akan melakukan backup pada hosting secara otomatis. 

Akeeba Admin Tools

Akeeba Admin Tools adalah salah satu produk Akeeba yang popular selain Akeeba Backup. Joomla sering mendapatkan patches keamanan baru sehingga pengguna perlu sering mengupdate websitenya. Dengan Admin tools ini, pengguna akan mendapat notifikasi setiap ada update baru. Admin tools juga bisa membantu untuk memperbaiki file permissions dan directories. Selain itu, extension ini juga akan mengupdate secara otomatis.

Joomla Content Editor

Joomla Content Editor atau JCE adalah salah satu extension yang dapat membantu membuat berbagai jenis konten tanpa batas. Selain itu, juga tidak memerlukan Bahasa programming seperti XHTML, HTML, CSS, dan Bahasa programming lainnya. pengguna juga tidak perlu pusing dengan pengelolaan image dan formatting karena JCE bekerja seperti Microsoft Office sehingga pengguna bisa dengan mudah mengelola dan memformat image dengan mudah.

QUIX

Quix adalah page builder dengan fitur drag-and-drop yang tidak memerlukan coding. Jadi, dengan ekstensi ini pengguna bisa dengan mudah mendesain website untuk setiap ukuran layar. Selain itu, QUIX juga sangat user-friendly, sehingga bisa di gunakan tanpa harus memiliki pengalaman coding.

Demikianlah pembahasan tentang Ekstensi pad Joomla. Semoga bermanfaat.

#RAS

Leave a Reply