Mengenal Lebih Dekat CMS Magento

Mengenal Lebih Dekat CMS Magento

Ada beberapa CMS yang terkenal atau sangat sering di pakai untuk membangun sebuah situs website. Dari sekian banyak CMS yang ada, Magento menjadi salah satu CMS dengan jumlah pengguna paling banyak. Namun masih banyak juga orang yang masih belum terlalu memahami tentang CMS tersebut. Oleh karena itu, kali ini nusablog akan memberi tahu hal- hal seputar CMS ini.

Pengertian

Magento adalah aplikasi web yang berbasis CMS (content management system) khusus untuk e-commerce dan program web. Di luncurkan pada tanggal 31 Maret 2008 dan dikelola oleh Magento Inc. CMS ini juga mempunyai sebuah website yang berisi berbagai hal mengenai eCommerce seperti produk, konsultasi, tutorial, support, dokumentasi, forum, template, extension, dsb.

Sejarah

Magento sebagai aplikasi web ecommerce (penjualan secara online) yang mulai diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2008 dan dikelola oleh Magento Incorporation (Magento Inc). Berdasarkan perkembangannya, aplikasi web ecommerce ini mulai dikembangkan pada awal tahun 2007 dan dirilis pertama kali pada tanggal 31 Agustus 2007, kemudian pada tanggal 30 Mei 2010 Magento merilis aplikasi ecommerce untuk versi mobile.

Fitur unggulan

Magento dibuat sebagai online shop dengan fitur terlengkap untuk kategori e-commerce. Semua yang butuhkan oleh situs online shop seperti, Order Management, Customer Accounts, Customer Service, Payment, Shipping dan Catalog Management sudah terserdia. CMS ini juga SEO Friendly dan telah support untuk Bahasa Indonesia. Sebelum membuat toko online menggunakan CMS ini.

Keunggulan

  • Sangat kaya dengan fitur-fitur yang sangat cocok untuk mengembangkan sebuah online shop.
  • Dukungan operasional yang sangat banyak, dengan di dukung oleh banyak forum diskusi mengenai CMS ini.
  • Pilihan plugin yang sangat beragam untuk mendukung website online shop.
  • CMS yang bertaraf Internasional.
  • Script yang dapat di customisasi

Kekurangan

  • Resource yang cukup besar, sehingga mengakibatkan CMS ini cenderung lebih berat dan lama pada saat loading.
  • Beberapa fitur pendukungnya berbayar, dan hanya sedikit.

Demikian hal-hal seputar Magento, Semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan