Optimasi Wordpress Saat Liburan

Optimasi WordPress Saat Liburan

Liburan adalah waktu yang sangat spesial. Libur panjang maupun pendek dapat menjadi waktu untuk refreshing seseorang agar siap untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan kedepannya. Bagi para pebisnis online liburan akan menjadi waktu untuk merefreshing otak agar menemukan ide kreatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

Namun yang menjadi masalah adalah saat pemilik website sedang berlibur, maka akan menyebabkan website tak teurus. Hal ini justru akan membuat website menjadi sepi dan bisa saja bisnis pun berhenti berjalan. Kali ini nusablog akan memberikan tips optimasi website wordpress yang akan membuat liburan tak terganggu.

Tips Optimasi Saat Liburan

  1. Backup

Langkah optimasi website WordPress pertama yang perlu dilakukan adalah backup website. Backup merupakan cara paling ampuh untuk menyimpan segala konten yang ada dalam website Anda sebagai langkah antisipasi. Hal buruk dapat terjadi kapan saja terhadap website. Bukan berarti tidak mempercayai sistem keamanan website, hanya saja, berjaga-jaga merupakan hal yang baik?

Idealnya backup perlu dilakukan secara berkala, misalnya satu bulan sekali. Semakin sering Anda melakukan backup sebenarnya malah semakin baik. Hanya saja, backup ini akan memakan disk space lumayan banyak apabila terlalu sering. Jadi sebelum memulai liburan akan lebih baik jika melakukan backup website terlebih dahulu.

  1. Jadwalkan Posting Artikel

Salah satu kriteria website yang baik adalah website yang selalu melakukan update dengan rutin. Tidak hanya blog yang memerlukan update secara rutin, website dan online shop juga harus melakukan hal tersebut agar meningkatkan SEO. WordPress memiliki fasilitas untuk melakukan penjadwalan posting artikel, jadi saat liburan website akan tetap terupdate dengan rutin. Untuk cara membuat jadwal posting artikel pada wordpress silahkan baca artikel CARA MEMBUAT JADWAL WAKTU POSTING ARTIKEL WEBSITE WORDPRESS

  1. Share Artikel

Pada masa liburan, Share Artikel tetaplah penting untuk dilakukan. Hal ini akan meningkatkan pembaca konten anda dari platform yang berbeda. Dan untuk melakukan share artikel juga sangatlah mudah, karena dapat dilakukan perangkat android dan bisa dilakukan di manapun dan kapanpun selama ada koneksi internet.

  1. Waspada Spam Coment

Jika menggunakan WordPress, persoalan spam ini dapat dengan mudah ditangani. Anda hanya perlu menginstal plugin anti spam dan Anda akan terbebas dari permasalahan. Salah satu yang sangat kami sarankan penggunaannya adalah Akismet. Plugin ini akan memfilter komentar menggunakan database spam sehingga dapat memberikan jaminan komentar yang bersih di website Anda. Biasanya Akismet sudah otomatis terpasang pada wordpress instalasi baru, tinggal cek saja apkah sudah Aktive.

  1. Gunakan WordPress Mobile

Penggunaaan WordPress Mobile mungkin akan sedikit mengganggu liburan. Namun hal ini perlu di lakukan untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang mendesak sehubungan dengan website, maka akan dapat langsung di atasi.

Demikianlah cara untuk optimasi website wordpress saat dalam liburan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#RAS

2 comments

Tinggalkan Balasan