Pengenalan MySQL Database hingga Perintah Dasar

MySQL Database merupakan salah satu fitur yang terdapat di Nusantarahost. Lantas apasih MySQL itu?. Secara umum MySQL adalah salah satu perangkat lunak sistem manajemen basis data (DBMS). MySQL adalah database yang populer didunia. Nusablog akan membahasnya pada artikel kali ini.

Perjalanan MySQL

Software dibuat pada tahun 1995 dan disponsori oleh perusahaan Swedia, MySQL AB. Pengembang platform MySQL adalah Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson. Tujuan utama dibuatnya Software ini adalah untuk menyediakan opsi pengelolaan data yang efisien, terpercaya dan handal. Pada tahun 2000, platform ini berubah menjadi sumber terbuka (open source) dan mengikuti ketentuan GPL.

Selanjutnya, pada Januari 2008, MySQL diakuisisi oleh Sun Microsystems. Kemudian pada April 2009, terjadi pencapaian kesepakatan antara Sun Microsystems dan Oracle Corporation terkait pembelian Sun Microsystems beserta hak cipta (copyright) dan merek dagang (trademark) MySQL oleh Oracle. Namun baru pada Januari 2010, MySQL secara resmi diakuisisi oleh Oracle.

Terdapat kekhawatiran, bahwa software ini akan menyaingi oracle karena semakin populer, selain itu software ini sendiri lebih banyak diminati karena lebih mudah untuk dipahami. Karena kekhawatiran ini, banyak bermunculan fork (versi lain) dari mysql. Meskipun, sebenarnya software ini tidak sepenuhnya benar bahwasannya mysql akan menyaingi oracle.

Pengertian

MySQL adalah sebuah software management basis data SQL atau DBMS(Database Management Sistem). DBMS ini bersifat gratis dan open sourch, Jadi setip orang dapat menggunakannya dan mengembangkan aplikasi ini. MySQL uga merupakan Software magement basis data paling populer didunia. Sengan sekitar 6 juta installasi di seluruh dunia. Selain itu MySQL juga telah si support oleh ribuan programmer dari seluruh dunia, dan menjadi software DBMS yang lengkap cepat dan reliable.

Keunggulan

MySQL mempunyai beberapa fitur pendukung yang membuat software setara bahkan lebih baik dari Software DBMS lainnya. Fitur -fitur tersebut adalah

  • Speed

    Jumlah waktu yang diperlukan sebuah database MySQL untuk merespon request data setara atau bahkan lebih cepat dibandingkan Software DBMS komersil lainnya. Sebuah study dari eweek pada februari 2002 yang membandingkan kecepatan MySQL dengan Software DBMS lainya. Dan hasilnya, MySQL memiliki kecepatan yang lebih dibandingkan pesaing yang berbayar.

  • Scalability 

    MySQL dapat memproseds data yang cukup besar dan kompkleks, tanpa adanya penurunan performa, yang berarti juga mendukung multiprosesor.

  • User Friendly 

    MySQL merupakan software yang User Friendly. Jadi pengguna akan dengan mudah dalam menggunakan software ini. Pengguna tidak akan dipusingkan dengan settingan dari software ini,hanya cukup dengan mendownload sofware tersebut dan menginstallnya pengguna langsung dapat menggunakannya.

  • Portability 

    Database MySQL dapat dengan mudah berpindah dari satu sistem ke sistem lainnya. MySQL juga dapat berjalan pada arsitektur yang berbeda-beda, mulai dari PC pada level bawah sampai level tinggi seperti mainframe.

  • Multiuser Support

    MySQL dapat diakses dari manapun, dan juga MySQL dapat di akses oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.

  • Internationalization 

    MySQL telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa. Jadi pengguna dapat mengguakan bahasa yang di pahami saat pengoperasiaannya.

  • Open Source Code 

    Para pengguna MySQL dapat mengembangkam software ini dengan mempelajari kode programnya. MySQL di kembangkan dengan bahasa C and C++. Bahkan sudah terdapat berbagai variasi rasa RDBMS baru yang dikembangkan dari code MySQL, diantaranya: Drizzle, MariaDB, Percona Server dan OurDelta.

  • Security

    MySQL mempunyai beberapa sistem yang handal untuk mengontrol akses ke data. Sistem menggunakan sebuah host dan struktur berbasis client yang mengontrol siapa saja yang dapat mengakses informasi tertentu dan tingkatan akses ke informasi tersebut. MySQL juga mendukung protokol SSL (Secure Sockets Layer) untuk membuat suatu koneksi yang terenkripsi.

Biasanya, dalam penggunaan MySQL user menggunakan PHP MyAdmin dalam mengelola database. PHP MyAdmin sendiri merupakan Front End MySQL berbasis web, dengan tampilan yang user firendly sehingga banyak penyedia web hosting yang menyediakannya untuk kebutuhan customer. Dalam manajemen database menggunakan PHP MyAdmin, dikenal yang namanya SQL, SQL sendiri merupakan Bahasa Pemrograman untuk mengelola database. Bagi pemula, perlu untuk memahami apa itu SQL.

Dalam MySql sendiri terdapat beberapa basic perintah yang sering digunakan oleh user. Perintah tersebut ada 3 macam yaitu : DDL, DML, dan DCL. Masing – masing dari perintah ini memiliki perintah dasar masing – masing yaitu :

 DDL (Data Definition Language)

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, yaitu database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain:

  • CREATE
  • ALTER
  • RENAME
  • DROP

 

DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain:

  • SELECT
  • INSERT
  • UPDATE
  • DELETE

 

DCL (Data Control Language)

DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges). Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain:

  • GRANT
  • REVOKE

lebih lengkap tentang Query atau perintah MySQL baca disini

Demikian pembahasan mengenai MySQL Database, semoga dengan pembahasan ini, sahabat nusablog lebih mengerti dan bertambah ilmu mengenai MySQL Database.

#RAS

2 comments

Tinggalkan Balasan