Pengertian Cloud Hosting

Untuk lebih memuaskan pelanggan, Nusantarahost selalu berusaha menghadirkan inovasi-inovasu terbaru. Kali ini inovasi terbaru yang di hadirkan adalah lahirnya layanan cloud hosting di Nusantarahost. Lantas apa yang membedakan layanan cloud hosting dengan ssd hosting. Nusablog akan membahasnya pada artikel kali ini.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah bentuk hosting terbaru yang tingkat ke populerannya semakin meningkat akhir akhir ini. Inovasi cloud hosting ada pada sumber daya yang di gunakan untuk membuat website tetap online, terletak pada lebih dari satu web server yang telah di alokasikan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan mengurngi terjadinya downtime.

Cloud hosting bahkan memungkinkan penggunanya dapat mengelola beban hostingnya dengan lebih mudah. Hal ini karena pengguna tidak perlu menghawatirkan kekurangan bandwith karena adanya sumber daya tambahan dari server lain.

Cara Kerja Cloud Hosting

Setiap server yang ada pada jaringan cloud hosting telah memiliki tugas masing-masing. Pada saat terjadi gangguan pada salah satu server, maka server lain akan menjadi pengganti server yang bermasalah dan menyediakan sumber daya yang di perlukan. Tidak hanya itu saja, tugas cloud hosting juga dapat mengurangi terjadinga kasus overload atau yang sering di sebuat dengan kelebihan beeban yang menyebabkan kecepatan suatu website menjadi lambat. Untuk memastikan cloud hosting bisa berfungsi baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas tersebut.

Kelebihan Cloud Hosting

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari cloud hosting

Biaya Terjangkau

Dengan spesifikasi yang di milikinya. Harga cloud hosting bisa di katakan murah. Cloud hosting memiliki kualitas dan kinerja yang sama dengan dedicated server namun memiliki harga jauh di bawahnya. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan, karena bisa melakukan penghematan pengeluaran.

Stabilitas Yang Terjamin

Seperti yang telah di jelaskan, cara kerja masing-masing server pada cloud hosting dapat menjadi server pengganti untuk server yang sedang bermasalah. Di lihat dari sisi ini, dapat di simpulkan bahwa cloud hosting memiliki presentase up time yang sangat besar, bahkan mungkin hampir tidak mungkin terjadi down time.

Akses Yang Mudah

Kemudahan dalam mengakses data atau aplikasi merupakan kelebihan utama dari cloud hosting ini. Untuk mengakses aplikasi yang diperlukan saat bekerja, tidak perlu berada pada suatu komputer yang sama karena aplikasi atau data yang dibutuhkan dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui server.

Demikianlah pembahasan tentang cloud hosting. Dari pembahasan di atas, tentunya sudah tidak dapat di ragukan lagi bahwa penggunaan cloud hosting tentunya akan memberikan kemudahan. Di tambah lagi sekarang Nusantarahost sudah menyediakan layanan cloud hosting. Jadi jangan ragu lagi.

#RAS