Pengertian, Keunggulan, dan Jenis-jenis SSL

Bagi pengguna layanan hosting dan domain mungkin tidak terlalu familiar dan memperhatikan dengan SSL. Padahal hal ini akan sangat membantu dalam pengeloaan website. Lantas sebenarnya, apa SSL itu?. Kali ini nusablog akan membahasnya dalam sebuah artikel.

Pengertian

SSL atau Secure Socket Layer adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Setiap kali seorang pelanggan website mengakses situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalsh standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk transaksi online setiap harinya.

Keunggulan menggunakan SSL

  • Transmisi lebih aman
  • SEO akan lebih bagus dibandingkan dengan website yang tidak menggunakan SSL.

Alasan Menggunakan SSL

  • Meng-enkripsikan Informasi Sensitive: Alasan utama penggunaan SSL adalah menjaga informasi sensitif selama dalam masa pengiriman melalui internet dengan cara di-enkripsi. Sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami hasil dari enkripsi tersebut.
  • Otentikasi: Selain enkripsi SSL juga menyediakan otentikasi. Ini artinya pengguna dapat lebih pasti dalam mengirimkan informasi ke server yang benar-benar valid dan bukan malah ke kriminal server.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan: Web Browser akan memberikan tanda secara visual(biasanya berupa icon gembok atau bar berwarna hijau) untuk memberitahukan kepada pelanggan bahwa sedang berada pada koneksi yang telah diberikan pengamanan. Hal ini akan sangat membantu dalam mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Jenis-jenis SSL

A. Domain Validation SSL Certificates

DV SSL Certivicates merupakan jenis sertifikat SSL paling murah. Bahkan gratis. Pada proses pembuatannya CA hanya melakukan verivikasi pada domain tersebut.

 

B. Organization Validation SSL Certificates

OV SSL Certificates merupakan sertifikat SSL di bawah EV SSL Certificates, dimana dalam setiap proses pembuatannya CA melakukan pengecekan kepemilikan domain dan Informasi organisasi pada pembuatan SSL jenis ini.

C. Extended Validation SSL Certificates

EV SSL Certificates adalah sertifikat SSL dengan tingkatan paling tinggi.Website dengan dengan jenis SSL seperti ini pada URL akan muncul nama Perusahaan berwarna hijau. Proses pembuatan SSL jenis ini lebih ketat dari jenis lainnya CA, selaku Otoritas Penerbit Sertifikat Digital akan melakukan:

  • verifikasi terhadap legal, fisik, dan operasional dari entitas perusaahan.
  • veridikasi identitas dan entitas yang merequest SSL benar-benar sesuai.
  • verifikasi bahwa entitas mempunyai hak ekslusive untuk menggunakan domain tersebut.

Demikianlah beberapa yhala mengenai SSL. Semoga bermanfaat.

#RAS

Leave a Reply