Perbedaan dan Perbandingan Server US dan Lokal

Perbedaan dan Perbandingan Server US dan Lokal

Banyak sekali para pemilik website di Indonesia merasa bingung saat menentukan penyedia hosting yang ingin di gunakan, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satu nya adalah kecepatan akses, dimana letak server/lokasi Data Center masing-masing penyedia hosting berbeda. Lantas apa yang membedakan antara lokasi dari Data Center tersebut? Nusablog akan membahasnya pada artikel ini.

Pengertian

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Ada dua lokasi Data Center yang sering di jadikan tempat untuk menempatkan server bagi para penyedia hosting di Indonesia.

Lokasi Data Center pertama adalah di Amerika serikat, atau yang lebih di kenal dengan sebutan Server US (IX), dan server yang diletakan di Indonesia atau yang sering disebut Server Lokal (IIX).

Lantas apa yang membedakan antara kedua lokasi Data Center tersebut? Nusablog akan membahasnya pada artikel ini.

Server US

Server US (IX) adalah server yang terletak di Data Center Amerika serikat, beberapa penyedia hosting di Indonesia menyediakan layanan hosting dengan Data Center Amerika serikat karena kebutuhan klien yang ingin websitenya dapat diakses dengan cepat dari seluruh penjuru dunia. Berikut kelebihan dan kekurangan Server US

Kelebihan

  • Cpat di akses dari mana saja karena letaknya di US yang merupakan Simpul Internet dunia
  • Pengiriman maupun penerimaan e-mail sangat lancar karena routing ke mail server – mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain – lain cukup pendek
  • Mudah diakses oleh website – website crawler seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain – lain

Kekurangan

  • kecepatan aksesnya dari dalam negeri (Indonesia) kalah jika dibandingkan dengan server yang berlokasi di Indonesia, karena routingnya yang jauh

Server Lokal

Server Lokal (IIX) adalah server yang terletak di Data Center Lokal, Nusantarahost sendiri menempatkan servernya di Jakarta – Indonesia karena untuk memenuhi kebutuhan klien yang sebagian besar target pasarnya adalah lokal. Berikut kelebihan dan kekurangan Server Lokal.

Kelebihan

  • Sangat cepat bila diakses dari dalam negeri atau sekitarnya, karena routingnya yang pendek
  • Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan
  • Namun demikian, Nusantarahost menggunakan Bandwidth 1Gbps IIX dan 30Mbps IX sehingga akses dari luar negeripun sudah cukup cepat bahkan tergolong cepat

Kelemahan

  • Bandwidth internasionalnya relatif lebih kecil sehingga pengiriman e-mail dengan attachment – attachment besar ke arah mail server di luar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail, dan lain – lain sering terdelay.
  • Sedikit lebih lambat saat diakses dari luar negeri.

Demikian tadi adalah perbedaan dari Server US dan Server Lokal. Lantas bagaimana untuk pemilihannya?

Untuk pemilihannya Jika mengedepankan kecepatan akses di dalam negeri kami sarankan untuk menggunakan hosting Server Lokal, Sedangkan jika mengedepankan kecepatan akses dari seluruh dunia, kami sarankan untuk menggunakan server hosting yang berlokasi di US.

Namun lihat juga target pasar bisnis kita yang disajikan di dalam website, apakah untuk pasar Internasional atau Lokal Indonesia karena kelancaran dan kecepatan korespondensi e-mail sendiri sudah tidak menjadi masalah.

Jika target pasar Indonesia pilih saja Nusantarahost, untuk kecepatan hosting tidak diragukan lagi karena sudah menggunakan Litespeed dan SSD.

Sekian untuk artikel perbedaan server US dan lokal semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan