Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Pengertian 502 Bad Gateway

502 Bad Gateway merupakan salah satu error yang tidak hanya biasa ditemukan pada WordPress, melainkan juga website lain dengan platform berbeda. Dampak kesalahan ini dapat cukup serius memengaruhi website. Error ini umumnya disebabkan oleh masalah pada server, namun tak jarang masalah datang dari website itu sendiri. Oleh karena itu kali nusablog akan memberikan cara untuk mengatasi website error 502 Bad Gateway. Berikut ini adalah cara mengatasi error 502 bad gateway.

Tips Mengatasi 502 Bad Gateway

Refresh Halaman Website

Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan ketika menemukan error 502 adalah melakukan refresh halaman website atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Kemudian, silakan tunggu hingga beberapa menit ke depan. Kesalahan dapat disebabkan oleh server yang sedang overload.

Hapus Cache Bowser

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Cara kedua untuk mengatasi error 502 bad gateway adalah dengan cara menghapus. Cara ini di lakukan untuk memastikan error yang berasal dari halaman error yang tersimpan pada browser.

Cek pada Layanan Penyedia Hosting

Penyebab website error 502 bad gateway biasanya terjadi kendala oleh penyedia layanan hosting yang di gunakan. Umumnya masalah pada DNS, dimana server tidak dapat dijangkau oleh network yang kita gunakan sehingga akses tidak stabil hingga error 502 semacam ini. Alangkah baiknya, apabila terjadi hal demikian, sebaiknya cek layanan penyedia hosting yang di gunakan dan meminta bantuan kepada support terkait.

Cek Plugin dan Template yang digunakan

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Error 502 bad gateway juaga dapat di sebabkan oleh pugin dan template yang di gunakan. Script pada website bisa saja di hentikan oleh server karena adanya masalah pada script WordPress. Masalah yang timbul pada script WordPress sering sekali di temukan pada plugin atau template yang di install.

Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan cara melakukan pengecekan dengan cara menonaktifkan semua plugin , lalu akses kembali website untuk memastikan apakah error masih ada. Jika error sudah tidak terjadi maka plugin dapat di aktifkan kembali.

Pengecekan Lewat Filemanager 

apabila dashboard wordpress juga tidak dapat diakses, selanjutnya kita cek melalui filemanager dengan merubah nama folder /plugins menjadi /pluginsx (atau bebas) kemudian coba akses kembali. apabila sudah dapat diakses dengna baik, maka indikasinya ada masalah pada salah satu plugins yang kita gunakan. kemudian telusuri kembali dengan cara merubah folder plugins yang terdapat didalam folder /plugins/.. satu persatu

Demikianlah beberapa cara yang dapat di coba untuk mengatasi bila website mengalami error 502 Bad Gateway. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan