Cara menggunakan Sitepad Website Builder

Sitepad merupakan fitur baru yang dimiliki Nusantarahost. Fitur ini adalah sebuah web builder yang akan sangat memudahkan penggunanya. Sitepad merupakan web builder dengan sistem operasi berbasis drag and drop. Sistem ini tentunya akan sangat memudahkan penggunanya dalam mendesain sebuah website.

Namun di karenakan sitepad merupakan fitur baru dan masih banyak yang belum menggunakan web builder ini. Maka sangat jarang juga yang mengetahui cara menggunakan sitepad. Oleh katenanya kali ini Nusablog akan memberikan tutorial bagaimana cara penggunaan sitepad.

Cara Menggunakan Sitepad

Memilih Tema

Tahap pertama dalam membangun website menggunakan sitepad adalah memilih dan menentukan tema yang akan di gunakan. Pemilihan tema dapat di lakuykan sesuai dengan keinginan pengguna. Untuk memilih tema sesuai dengan keinginan, pengguna sitepad hanya perlu melakukan pencarian tema lalui klik Actived pada tema yang di inginkan.

Setelah memilih tema yang akan di gunakan lakukan pengecekan pada website, dengan klik Visit Site

Mengatur Pages Pada Website

Setelah melakukan pemilihan tema, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan untuk pages pada website nantinya. Pada menu pages, akan ada tampilan All Pages dan Add New

  • All Pages : Menu all pages di gunakan untuk menampilkan keseluruhan pages yang ada.
  • Add New : Menu Add New di gunakan jika ingin menambahkan pages baru.

Selain itu di dalam halaman Pages juga akan ada tampilan menu lainya seperti Edit Pges, Delete Pages, dan View Pages.

Mengedit Page Title

Jika Saat pengaturan pages memilih Add New, maka langkah selanjutnya adalah melakukan editing Page. Pada halaman ini pengguna dapat mengedit atau melakukan custom page sesuai dengan keinginannya. Selain itu pengguna juga dapat mengganti URL untuk setiap pages sesuai dengan keinginannya. Pada halaman ini akan adadua pilihan yaitu:

  • Page Title: Pilihan ini digunakan untuk mengganti nama page.
  • Page URL : Pilihan ini di gunakan untuk mengganti atau mengcustom URL pada page yang akan di buat.

Membuat Widget

Langkah selanjutnya adalah membuat widget. Dalam membuat widget menggunakan sitepad, pengguna hanya perlu melakukannya dengan sistem drag and drop. Hanya dengan memilih widget yang dinginkan kemudian drop pada bagian yang di inginkan, maka akan secara otomatis muncul tampilan toolbar widget yang di pilih.

Publish

Jika pengaturan widget dan konten telah di buat. Maka langkah selanjutnya adalah mempublish konten ke website.

Demikianlah cara penggunaan Sitepad Web Builder. Mudah bukan? Untuk Silahkan coba fitur sitepad pada Nusantarahost. Selamat mencoba.

#RAS