Mengenal Siklus Domain

Hal terpenting yang di butuhkan untuk membangun sebuah website selain hosting adalah domain. Domain menjadi sangat vital karena ini menjadi alamat atau petunjuk utama bagi setiap pelanggan. Mengetahui siklus dari domain yang di miliki tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk di lakukan oleh setiap pemilik website.

Dengan mengetahui siklus domain, pemilik website tentunya akan sangat dimudahkan apabila terjadi masalah pada domain, baik secara teknis maupun secara administratif. Kali ini Nusablog akan membahas tentang siklus dari sebuah domain.

Siklus Domain

Domain Available

Pada siklus ini domain masih berada dalam posisi tersedia. Domain pada posisi ini sedang tidak digunakan.

Domain Active

Domain Active adalah domain yang sedang di gunakan. Lama masa aktif domain tergantung dengan pembelian yang di lakukan. Selama domain dalam status ini, modifikasi fitur domain dan pembaruan masa pakai masih dapat dilakukan. Pada masa ini juga domain di gunakan untuk merujukan ke website yang menampilkan konten situs.

Expired

Expired adalah masa di mana fase aktif sebuah domain telah habis. Pada masa expired ini biasanya pemilik domain akan di hubungi oleh pihak penyedia domain, untuk memastikan bahwa domain akan di perpanjang atau tidak. Pada masa expired, pengguna layanan domain biasanya akan di berikan tenggang waktu selama 40 hari untuk bisa di perpanjang dan di aktifkan kembali.

Redemtion

Pada fase ini domain sudah tidak bisa di akses. Untuk mengembalikan akses terhadap domain, pemilik domain bisa melakukan proses restore. Namun proses ini akan memakan biaya lebih. Pengguna di haruskan membayar biaya yang terdiri dari “Biaya Restore lalu di tambah dengan Denda”.

Pending Delete

Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi pemilik domain untuk melakukan perpanjangan (renew atau restore). Domain akan tersedia (available) bagi setiap pendaftar setelah masa 7 hari pending delete berakhir. Pendaftaran domain melalui persyaratan dan first come first served layaknya pendaftaran domain baru.

Demikianlah beberapa hal mengenai siklus domain yang perlu di ketahui. Semoga bermanfaat.

#RAS

Leave a Reply