Pengertian Lengkap Apache Web Server

Bagi seseorang yang telah lama mendalami dunia developer website, pembahasan kali ini tentunya sudah sangata sering di dengar. Kali ini Nusablog akan membahas tentang Apache web server, mulai dari pengertian sampai fungsi dari apache web server itu sendiri.

Pengertian

Apache adalah salah satu jenis web server yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Linux, Unix, Novell Netware serta platform lainnya yang digunakan untuk melayani dan melakukan pengaturan fasilitas web menggunakan sebuah protokol yang dikenal dengan HTTP(Hypertext Transfer Protocol). Nama Apache sendiri dipilih sebagai penghormatan terhadap suku Indian Apache yang menggunakan keterampilan dan strategis yang luar biasa dalam peperangan.

Perjalanan Apache Web Server

Pada awalnya, Apache merupakan software open source yang digunakan untuk alternatif web server Netscape. Namun, sejak April 1996, Apache menjadi web server yang populer. Hingga pada Mei 1999, Apache mulai banyak digunakan di berbagai web server dunia.

Kini, Apache menjadi salah satu software yang bersifat open source, Hal ini berarti bahwa Apache didukung oleh para pengembang di seluruh dunia yang membuat Apache menjadi lebih terawat dan terus diperbarui secara teratur dengan fitur dan fungsi baru untuk meningkatkan kualitas dalam pengiriman layanan HTTP.

Fungsi Apache Web Server

Sama seperti web server pada umumnya Apache Web Server juga berfungsi sebagai memperoleh berkas sesuai request pembaca dari web browser. Setelahnya maka Apache akan memproses berkas tersebut dan memberikan output yang dinginkan oleh pembaca. Output yang di keluarkan sebelumnya tersimpan pada database website.

Server Apache memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai skrip dan aplikasi didalamnya. Dengan begitu, setiap web yang dihosting ke server Apache menjadi dinamis, konten didukung oleh standar HTTP saat ini.

Fitur-fitur Unggulan

Apache telah di dukung dengan beberapa fitur unggulan yang akan sangat memaksimalkan kinerjanya. Fitur-fitur Unggulan Apache diantaranya adalah

  • Pesan kesalahan yang dapat dikonfigur.
  • Apache juga didukung oleh sejumlah interface pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
  • Web server ini masuk dalam kategori software yang bersifat opensource yang bertanggung jawab terhadap request-response HTTP serta logging informasi menggunakan basic data secara detail.
  • Apache ini banyak digunakan oleh para web master karena sederhana, gratis, dan memiliki feature yang bisa dibilang lengkap.

Kelebihan Apache Web Server

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Apache Web Server.

  • Open Source

Apache Web Server bersifat Open Source, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan modifikasi program pada web server ini sesuai yang di inginkan. Hal ini memungkinkan para pengembang dari seluruh penjuru dunia dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan dari server Apache.

Selain itu, pada umumnya setiap software yang bersifat open source, maka kode program dapat diperoleh dengan mudah dan bebas. Dengan begitu, pengguna dapat mengunduh modul Apache di perangkat Anda tanpa harus memikirkan biaya lisensi.

  • Fitur-fitur Unggulan

Walaupun menggunakan Apache tidak mengeluarkan biaya apapun bukan berarti Apache tidak dapat bersaing dengan jenis web server lainnya. Justru Apache menjadi web server yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih handal dibanding dengan jenis lainnya.

  • Multi Operations Sistem

Apache menjadi salah satu web server yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, seperti Linux, Unix, Windows NT, MacOS, Microsoft Windows, Unix dan sistem lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memodifikasi atau menambah server Apache sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sistem operasi Anda. Apache juga didukung oleh beberapa bahasa pemrograman, seperti PHP, Perl, Python dan lainnya. Selain itu, Apache dilengkapi dengan SSL (Secure Socket Layer) dan TLS (Transport Layer Security) untuk meningkatkan keamanan situs web.

Kekurangan Apache Web Server

Dibalik semua kelebihan yang sangat banyak, Apache Web Server juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.]

  • Dengan kemampuan Apache yang membiarkan penggunanya memilih dan menonaktifkan layanan yang dibutuhkan, itu dapat menyebabkan ancaman yang serius jika tidak ditangani.
  • Jika terjadi proses bug, tidak ada kebijakan khusus untuk mengatasinya. Pemilik hanya dapat menanyakan solusi di forum komunitas pengguna. Jika masalah yang Anda hadapi sama dengan masalah yang dihadapi pengguna lain, kemungkinan Anda dapat menemukan solusi dari masalah tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Apache Web Server Semoga bermanfaat.

#RAS

Tinggalkan Balasan