Pengertian lengkap VPN(Virtual Private Network)

Saat ini VPN sudah banyak sekali di gunakan di seluruh dunia. Alasan penggunaan VPN adalah untuk mendapatkan koneksi ke internet secara privat atau pribadi, aman dan di gunakan untuk mengakses jaringan dengan cara remote. Apa lagi kelebihan dari VPN?. Nusablog akan membahasnya pada artikel kali ini.

Pengertian VPN

VPN adalah koneksi yang memberikan layanan aman dan privat kepada penggunanya. Dengan menggunakan VPN, pertukaran data yang di lakukan pengguna akan di sembunyikan. Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet.

Fungsi VPN

Menjaga Data Tetap Utuh

Saat data di kirimkan melalui internet bisa saja mengalami gangguan seperti rusak, hilang atau bahkan di manipulasi oleh pihak tertentu. Namun hal ini bisa teratasi dengan menggunakan VPN. VPN akan memastikan data yang di kirimkan aman dan utuh.

Terkoneksi Secara Rahasia

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya,bahwa data yang terkirim melalui VPN sudah terenkripsi. Hal ini di gunakan untuk mencegah terjadinya pencurian data digital pada jaringan. Pencegahan pencurian data dapat di lakukan  karena, dengan adanya enkripsi tersebut kerahasiaan data dapat lebih terjaga.

Cara Kerja VPN

Saat menggunakan jaringan tanpa VPN, maka koneksi yang dilakukan terjadi secara langsung tanpa enkripsi. Sedangkan jika memakai VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Tugas dari server VPN sendiri adalah untuk meneruskan koneksi ke situs yang ingin di akses. Dengan demikian koneksi yang di lakukan, akan dikenali sebagai koneksi jaringan yang berasala dari server VPN.

Penggunaan VPN

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan atau pemanfaatan VPN

Remote Access

Dengan fitur VPN, pengguna dapat melakukan remote access ke komputer atau jaringan kantor dari mana pun, dengan syarat pengguna masih terkoneksi dengan jaringan internet

Menghemat Biaya Setup Jaringan

Menggunakan VPN merupakan salah satu cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang tentunya lebih rendah daripada anda memasang setup jaringan sendiri. Sebab, jaringan VPN menggunakan transmisi data yang sudah ada tentunya hal ini mengartikan anda tidak perlu lagi membangun jaringan sendiri.

Kelebihan VPN

  • Sebagai sarana alternative dalam menciptakan jaringan private untuk perusahaan dsb nya dengan biaya yang lebih murah.
  • Memudahkan terhubung ke suatu jaringan tertentu walaupun berada di tempat yang jauh.
  • Dapat membuka sebuah situs/website yang diblokir dengan cara menyembunyikan IP asli dan menggantinya dengan IP VPN public.
  • Terhindar dari gangguan tangan-tangan nakal pihak ketiga.
  • memiliki fitur keamanan yang lebih baik dalam menjaga data agar sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Kekurangan VPN

Karena VPN menggunakan jaringan publik, maka tentunya pengguna harus lebih ekstra perhatian terhadap keamanan jaringan itu. Karena banyak sekali  hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi; seperti halnya penyadapan, hacking dan tindakan merugikan lainnya yang menyerang jaringan VPN. Hal tersebut tentunya akan berdampak besar terhadap jaringan VPN dan khususnya data-data rahasia.

Demikianlah pembahasan tentang VPN. Semoga bermanfaat.

#RAS

Leave a Reply