SEO On page dan SEO Off Page

Pada pembahasan sebelumnya, nusablog telah membahas apa itu SEO secara umum. Pada pembahasan tersebut, nusablog menjelaskan bahwa SEO sendiri ada 2 jenis SEO yaitu SEO Onpage dan SEO Offpage. Keduanya sama-sama merupakan cara mengoptimasi sebuah website. Namun yang membedakan adalah jika SEO Onpage pengoptimasian dilakukan di dalam website, maka SEO Offpage pengoptimasiannya dilakukan diluar lingkup website. Selain itu masih banyak lagi perbedaan diantara kedua Jenis SEO ini. Kali ini Nusablog akan membahasnya.

SEO Onpage

On-page SEO adalah faktor-faktor yang menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri. Artinya, pemilik website akan melakukan optimasi di dalam website anda sendiri. Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website anda memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.

Komponen Dalam SEO Onpage

  • Konten Dengan Kualitas Terbaik

Konten tentunya menjadi komponen utama dalam sebuah website. Konten sangat berperan penting dalam optimasi Onpage. Dengan konten yang memiliki kualitas rendah, akan sangat tidak mungkin website dapat menembus peringkat 1 pada Search Engine.

Ciri-ciri Konten Berkualitas
  • Memberikan manfaat maksimum bagi pengunjung.
  • Lebih menonjol dibandingkan konten lain yang sejenis.
  • Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung.
  • Membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll.)
  • Menyelesaikan permasalahan pengunjung.

Konten yang telah memiliki ciri-ciri diatas akan lebih mudah menyentuh peringkat tertinggi pada Search Engine.

  • Keyword Populer

Pemilihan keyword juga akan sangat membantu menaikan peringkat website. Pemilihan keyword populer akan sangat memperbesar kemungkinan website mendapat peringkat tinggi. Selain keyword popuuler, keyword yang digunakan harus tepat sasaran dengan isi dari konten pada website.

  • Judul Yang Menarik

Pemilihan judul akan sangat mempengaruhi pengujung, mengunjungi sebuah website. Biasanya pengunjung akan lebih memilih website yang memiliki judul lebih menarik. Yang terpenting dalam judul bukan optimasi keyword, tapi optimasi terhadap ketertarikan manusia. Pemilihan judul yang dapat menarik pengunjung ke website juga akan mempermudah website mencapai peringkat tertionggi pada Search Engine.

  • Reverensi Link Ke Website Lain

Point ini sangat penting bagi website baru. Google hanya memilih konten yang dianggap berguna dan sudah terpercaya. Oleh karena itu website baru yang belum diminati google akan sangat terbhantu dengan cara memberikan reverensi link ke website yang telah berada di peringkat atas pada kontennya.

  • Internal Link

Cara ini digunakan untuk mereferensikan konten yang ada pada website. Selain itu cara ini juga ber5tujuan untuk meningkatkan traffict pengunjungb pada website.

  • Menu Share Social Media

Menu share akan sangat penting untuk website. Menu ini akan memungkinkan pembaca mereferensikan website ke teman atau rekannya. Hal ini jugadapat menaikan traffict website.

  • Kecepatan Dan Responsif

Website yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik. Peningkatan kecepatan bukan hanya untuk mesin pencari. Pengunjung juga akan jadi lebih nyaman berada dalam website yang waktu loadingnya singkat.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:

  1. Kualitas hosting yang digunakan
  2. Jumlah file .js dan .css di <head>
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung.

SEO Offpage

SEO Offpage adalah kebalikan dari SEO Onpage. Jika SEO Onpage pengoptimasiannya dilakukan dilakukan dan masih berhubungan di dalam website. Sedangkan SEO Offpage pengoptimasiannya dilakukan di luar website. SEO Offpage Mengacu pada faktor faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website Anda. Jika SEO Onpage berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, maka SEO Offpage berhubungan dengan link building atau back linking.

Metode SEO Offpage

Link Building

Metode ini adalah metode yang paling populer dan efektif. Link building adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan backlink berkualitas ke halaman website kita. Link building ini dikenal juga dengan istilah off-page SEO karena prosesnya dilakukan di luar website kita. Berbeda dengan internal links pada on-page SEO, link yang dimaksud di sini adalah yang berasal dari website (domain) lain.

Social Media

Saat ini hampir semua orang memiliki madia sosial. Pengguna media sosial semakin lama juga semakin bertambah. Menurut perhitungan terakhir, jumlah pengguna media sosial diseluruh dunia berjumlah 3,8 milyar dan di prediksi akan terus bertambah. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah website dan meletakan link pada social yang dimiliki oleh pemilik website.

Local SEO

Local SEO adalah jenis SEO yang secara spesifik digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, terutama untuk bisnis-bisnis lokal. Dengan menggunakan local SEO, bisnis akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, terutama di Map Pack. Dulu, tidak ada banyak perbedaan antara SEO dan local SEO. Tetapi untuk saat ini, local SEO sangat membantu Anda untuk mengoptimasi bisnis ketika orang-orang mencari sebuah tempat di lokasi sekitarnya.

Demikianlah beberapa hal mengenai SEO Onpage dan SEO Offpage. Semoga bermanfaat.

#RAS

One comment

Leave a Reply