Saat ini hampir semua orang memiliki Sosial Media. Pengguna sosial media semakin lama juga semakin bertambah. Menurut perhitungan terakhir, jumlah pengguna media sosial diseluruh dunia berjumlah 3,8 milyar dan di prediksi akan terus bertambah.
Penggunaan sosial media yang terus bertambah seperti ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah bisnis menjadi lebih dikenal. Caranya adalah dengan mempromosikan bisnis(Produk) di media sosial. Dengan jumlah pengguna media sosial yang semakin beratambah banyak, tentunya akan sangat efektif membuat produk yang dipromosikan menjadi lebih dikenal. Namun, jika cara promosi yang dilakukan tidak tepat justru dapat membuat citra dari produk yang dipromosikan menjadi kurang baik. Kali ini Nusablog akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempromosikan produk melalui media sosial.
Daftar Isi
Kelebihan Promosi Melalui Sosial Media
Promosi melalui media sosilal mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya adalah
-
Budget
Promosi menggunakan sosial media tidak memerlukan biaya yang banyak. Media sosial dapat dilakukan secara gratis selama ada koneksi Internet.
-
Jangkauan Luas
Pengguna sosial media yang banyak dan tersebar memungkinkan produk yang dipromosikan dilihat oleh semua orang di seluruh penjuru dunia.
-
Mudah
Melakukan promosi di Sosial Media dapat dilakukan siapa saja, tidak memerlukan keahlian khusus.
-
Lebih Efektif
Promosi melalui sosial media akan lebih efektif dalam menarik pelanggan. Hal ini karena media sosial digunakan mayoritas penduduk duia.
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Promosi Melalui Sosial Media
-
Tidak Monoton
Setiap melakukan postingan usahakan menggunakan konten yang baru dan fresh. Hindari menggunakan satu konten yang digunakan secara terus-menurus. Gunakan kalimat yang dapat memancing rasa penasaran dari para pembaca.
-
Gunakan Media Gambar atau Video
Penggunaan media gambar atau video akan lebih menarik pembaca untuk melihat postingan. Gambar dengan visual manusia akan lebih menarik para pelanggan melihat postingan.
-
Gunakan Hastag
Tujuan dari penggunaan hastag pada media sosial adalah untuk mempermudah dalam mencari postingan sejenis. Fungsi ini dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk. Gunakan hastag yang berhubungan dengan produk yang akan di promosikan.
-
Aktif dan Responsif
Tak jarang postingan akan mendapatkan tanggapan dari pembaca. Sebagai admin yang baik sebaiknya respon dari pembaca dapat dibalas dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan dalam membalas respon dari pembaca biasanya akan enjadi tolak ukur bagi pembaca tentang produk yang dipromosikan.
Demikianlah beberapa cara yang harus diperhatikan saat akan membuat promosi pada media sosial. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
#RAS
2 comments