Fakta Menarik Tentang Domain .id

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna internet yang cukup tinggi. Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2014 sebesar 83.7 juta pengguna atau lebih dari 32% penduduk Indonesia saat itu. Jumlah tersebut di prediksi akan terus bertambah. e-Marketer memprediksikan jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017 akan mencapai 112 juta pengguna atau lebih dari 43% dari penduduk Indonesia saat ini.

Pemerintah Indonesia kini sedang gencar-gencarnya mempromosikan domain (.id) untuk situs-situs yang ada di Indonesia. Hal ini di lakukan mengingat banyak sekali situs di Indonesia yang justru menggunakan domain Internasional seperti .com. Pendaftaran domain internet .id (dot id) selama ini memang terbilang lebih rumit ketimbang domain internasional seperti .com atau .net. Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) selaku otoritas domain .id, punya alasan mengapa pendaftaran domain .id harus memenuhi sejumlah syarat dan aturan yang cukup ketat. Lantas apa sajakah hal menarik dari domain .id ?. berikut ini pembahasan dari nusablog tentang beberapa fakta menarik domain .id

Fakta Menarik Domain .id

1. Keamanan dan Kenyamanan

Syarat dan ketentuan yang sangat sulit dalam pembuatan domain .id diberlakukan semata untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna internet khususnya para pengguna domain .id. Pandi sebagai otoritas domain .id mengklaim penggunaan domain .id lebih aman dibanndingkan domain lainya. Hal ini karena Pandi dapat menjaga domain .id tidak digunakan untuk aktivitas yang melanggar hukum di Indonesia, termasuk perjudian, pornografi hingga penipuan.

2. Lebih Cepat

Penggunaan domain .id juga dapat membuat akses website lebih cepat. hal ini disebabkan karena letak Domain Name Server-nya(DNS) yang berada di Indonesia. Jadi, saat ada pengakses yang mengakses domain .id dari Indonesia maka kecepatan aksesnya akan lebih cepat dibandingkan dengan saat mengakses domain lainnya.

Dan untuk mengatasi pengaksesan dari luar negeri, PANDI juga telah memasang server DNS domain .id di china. Hal ini di klaim akan membuat akses website dengan domain .id dapat lebih cepat di lakukan di luar negeri khususnya Amerika Serikat dan Eropa.

3. Ramah SEO

Sebuah pengujian yang dilakukan oleh PANDI telah membuktikan bahwa domain .id berada pada peringkat paling atas. Namun kembali lagi, untuk mendapatkan peringkat paling atas tergantung pada pengelolaan situs website dan optimasi kata-kata kunci.

4. Regulasi Penggunaan

Dalam Surat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain, di sebutkan bahwa penggunaan domain .id kini di wajibkan. Dalam pasal 39 di sebutkan bahwainstalasi penyelenggara negara dan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) wajib menggunakan nama Top Level Domain(TLD) Indonesia atau .id.

5. Berikut Contoh Domain .ID (Indonesia)

.ac.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan khususnya akademik, seperti Universitas atau Perguruan Tinggi
.co.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan organisasi profit atau komersial, seperti perusahaan yang sudah memiliki izin seperti SIUP/TDP/AKTA/Surat Ijin yang setara
.or.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan organsiasi formal maupun non formal
.net.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan organisasi atau instansi dalam bidang jaringan
.web.id – Biasanya digunakan untuk pentingan pribadi atau kelompok
.sch.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan sekolah atau pendidikan
.go.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan instansi pemerintah
.mil.id – Biasanya digunakan untuk kepentingan militer atau pertahanan

Demikianlah beberapa hal tentang domain .id jika para sahabat pembaca tertarik menggunakan domain .id silahkan kunjungi https://nusantarahost.co.id/domain.php#domainid semoga bermanfaat.

#RAS

Leave a Reply