Cara Update Manual WordPress Melalui Filemanager

Ada beberapa cara update versi wordpress yaitu dengan cara update otomatis melalui dashboard wordpress, manual melalui filemanager atau FTP akun dengan Filezilla dkk. Namun kali ini nusablog akan bahas cara update manual wordpress melalui filemanager. Simak langkah-langkahnya ya.

1. Masuk ke cPanel

2. Cari filemanager

menu filemanager
menu filemanager

3. Masuk ke folder public_html (jika root direktori anda ada di public_html, jika ada di folder lain silahkan arahkan kesana)

Filemanager
Filemanager

4. Upload file wordpress terbaru dengan cara klik menu Upload, bisa di download disini. Tunggu sampai progress selesai, jika sudah kembali lagi ke filemanager

upload file
upload file

5. Setelah berada di filemanager, kami sarankan untuk membuat folder baru dengan cara klik menu + Folder misal namanya BACKUP (tujuannya agar saat ada kesalahan bisa di kembalikan ke keadaan semula)

New Folder
New Folder

6. Select/pilih semua file kecuali folder wp-content, wp-config.php, folder backup dan wordpress.zip yang kita upload sebelumnya

upload file
upload file

7. Drag and Drop ke folder Backup tujuannya adalah move/memindahkan semua file yang kita select ke dalam folder Backup

8. Jika sudah, selanjutnya adalah extract file wordpress.zip dengan cara klik kanan >> extract maka akan menghasilkan folder wordpress

9. Masuk ke folder wordpress , lalu select semua file kecuali folder wp-content (karena wp-content sudah ada di root directory kita sebelumnya)

move file
move file

10. Jika semua sudah berhasil moved ke root directory, maka susunan filenya sama seperti saat sebelum kita coba update.

11. Selesai deh update manualnya, tinggal di cek saja pada dashboard apakah sudah berhasil menggunakan versi WordPress terbaru (nusablog memakan versi 4.7.2)

status wordpress
status wordpress

 

Mudah bukan? yuk share, semoga bermanfaat 🙂

yyn

Comments