Mengatasi WEbsite Tidak Bisa Diakses

Terdapat banyak sekali penyebab kenapa situs website tidak bisa di akses. Baik pada satu komputer tertentu saja, maupun pada semua komputer. Biasa saat website tidak bisa di akses akan muncul keterangan seperti berikut:

  • 403 Forbiden
  • 404 Not Found
  • 500 Internal Server Errors
  • Dan lain sebagainya

Saat pengelola website sudah mengetahui penyebab website tidak dapat di akses, maka langkah selanjutnya adalah menemukan cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Pesan Error, Penyebab Dan Solusi Website Tidak Bisa Diakses

Berikut ini adalah beberapa penyebab website tidak dapat di akses:

1. Error 403 Forbidden

Penyebab:

Dikarenakan kode status HTTP (Hypertext Transfer Protocol) standard yang dikomunikasikan dari server ke klien untuk menunjukkan bahwa server memahami permintaan klien, akan tetapi tidak memenuhi nya karena beberapa hal terkait dengan otorisasi.

Solusi:

1) Cek kembali file dalam website Anda. pastikan bahwa folder menggunakan permission 755 sedangkan untuk file menggunakan permission 644. Hindari menggunakan permission 777.

2) Setting pada file .htaccess. Jika terjadi kesalahan saat mengedit file .htacces maka dapat terjadi error 403. Silakan untuk mereset file .htaccess  Anda ke default terlebih dahulu.

2. Error 404 Not Found

Penyebab: Pada dasarnya error ini dikarenakan file atau folder yang ingin diakses tidak ditemukan pada hosting. Atau url link tujuan yang salah atau biasa disebut broken link.

Solusi:

1) Periksa kesalahan di URL. Sering kali URL atau tautan yang di klik adalah tautan yang salah. Coba periksa kembali URL dengan lokasi file atau folder website Anda.

2) Bersihkan history dan cache browser, kemudian restart browser dan akses kembali website

3) Apabila semua halaman website mengalami Error 404 maka cek pengaturan DNS website

3. Error 500 Internal Server Error

Penyebab:

Penyebab paling umum terjadinya http error 500 adalah rusaknya file .htaccess, file permission yang salah, script timeout, PHP version yang tidak kompatibel

Solusi:

1) Periksa kembali file .htaccess dan coba kembalikan ke default

2) Periksa file permission, ubah permission folder ke 755 dan file ke 644

3) Apabila Anda baru saja merubah isi kode website kemudian terjadi error, maka kemungkinan error jadi karena script yang kurang tepat. Coba lah perbaiki kembali kode tersebut.

4) Versi PHP yang tidak kompatibel dengan website akan menyebabkan internal server error, oleh karena itu ubahlah versi PHP di hosting sesuai PHP pada website

4. Index of/folder

Penyebab:

Saat website sedang di akses, maka server web akan membuka salah satu file berikut: index.html, index.htm, index.php. Saat salah satu file tersebut tidak ada, maka server web akan menampilkan error, atau server web akan menampilakan daftar semua file dan folder yang ada di dalam account pengelola website. Jika file index kosong (tidak ada isinya) program browser internet akan menampilkan halaman kosong.

Solusi: Periksa file index , apakah ada di public_html atau tidak, atau apakah isinya kosong atau tidak.

5. Dialihkan ke domain lain

Penyebab:

Jika domain tidak di perpanjang, maka akan memasuki masa expired. Saat memasuki masa expired maka domain akan di kunci dan di alihkan ke sebuah halaman yang di sebut domain parking. Setelah masa domain expired berakhir, sebuah domain akan memasuki masa deleted, pada masa ini domain masih ada kemungkinan direstore namun dengan biaya yang tinggi. Jika domain terlalu lama tidak diperpanjang, maka akan tidak bisa diperpanjang lagi untuk selamanya namun beberapa domain ada yang bisa dibeli lagi oleh orang lain.

Solusi: Segera perpanjang domain sebelum jangka waktu yang di tentukan

6. Sambungan terputus

Penyebab:

Pada saat pengelola website mengalami masalah koneksi internet ke server di mana situs websitenya berada. hal ini akan menyebabkan situs website tidak bisa di akses.

Solusi: Periksa koneksi dari komputer ke server web dimana situs berada menggunakan perintah seperti “ping” yang tersedia di komputer anda.

7. Loading terus

Penyebab : IP Terblokir firewall server

IP terblokir firewall server dikarenakan hal berikut:

  • Salah login cpanel/webmail/ftp/ssh/pop3/imap berkali-kali
  • Terlalu sering me-refresh browser
  • Melakukan spam
  • Hacking
  • DOS attack
  • Port scan

Solusi: Silahkan laporkan ke support kami dengan mencantumkan IP yang Anda gunakan untuk mengakses.

Demikianlah cara-cara untuk mengatasi website yang tidak bisa di akses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.